Sahabat Pembaca

Wednesday, February 26, 2014

Belajar Ekonomi Makro

Heeem jadi inget dulu, semester awal di kampus Agama UIN Syarif Hidayatullah, kampus yang cuma dirasakan selama 3 bulan kurang,(tapi nama saya udah kesebar di LDK kampus sekitar loh, Panitia Bukber dgn anak jalanan, hahaha inget banget jd sekretaris acara).

Btw bukan itu intinya, buku-buku ekonomi yang dulu dipake belajar juga entah kemana:D, eh sekarang kerjanya ekonomi mulu, Manajemen selalu bilang pada saat In Class, kalo kondisi Ekonomi Dunia lagi gak bagus, atas kebijakan The Fed kasih Stimulus ke Pasar Modal AS, nah saya coba tarik benang Merahnya.

Dunia berkembang biasanya Sumber Devisanya berbentuk Emas atau $ bahkan keduanya,sumber investasi yang masukpun berbentuk $, jadi $ ibarat sebuah darah yang mengalir denyut2 ekonomi dunia,karena ekonomi AS lagi menurun, maka teori Adam Smithpun turun,Pemerintah AS tidak bisa membiarkan ekonomi pasar bebas dari intervensi,harus ada tangan2 tak terlihat ini yang mengaturnya.

Jadi $ ini yang menghidupi dunia digunakan untuk memperbaiki kerusakan ekonomi di AS, otomatis $ yang tadinya ada di dunia ketiga berkurang,timbullah mata uang2 dunia ketiga yang sistem nilai tukarnya mengambang Anjlok terhadap $, karena ketersediaan $ sebagai nilai tukarnya jumlahnya sedikit.

The Fed berita terakhir mengeluarkan kebijakan Tapering(Penundaan Stimulus) ke Pasar Modalnya, sinyal positis bagi negara2 yang bergantung pada $,tapi kebijakan ini hanya sementara, dampak positifnyapun cuma dirasa sekitar 1 sampai 3 bulan saja, dimana cash flow $ yang ada kembali lancar,jadi persoalan adalah ketika kebijakan The Fed kembali dilakukan, yang terjadi kembali bencana ekonomi dunia,ekonomi AS juga pun belum diketahui bisa kembali pulih secepatnya,dengan ditambah rencana membuka front peperangan baru di Suriah, otomatis banyak dana yang terserap kesana.

Yang jadi keprihatinan saya, Intervensi terhadap kepentingan ekonomi bangsanya di Negara se-Liberal Amerika saja dibolehkan n bukan suatu hal yang Haram, bahkan Proteksi mereka juga lakukan,kalo disini gimana yah, cuma sebagai lahan pasar yang potensial aja ya bagi produk2 asing,dan lagi2 Bangsanya. yang harus nanggungnya.

Arizma Bayu Suwito
Pembelajar
Gamprit V, 24 Sept 13

No comments:

Post a Comment

Silahkan komentar disini, diharapkan gak pake nama samaran cuy..., biar qt akrab gitu...